Daftar Pemenang FFI 2012 Terlengkap

Artikel diterbitkan oleh Bejagat pada

Daftar Pemenang FFI 2012 Terlengkap

Daftar Pemenang FFI 2012 Terlengkap ---Malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2012 akhirnya selesai digelar. Ajang penghargaan bagi insan film Indonesia ini digelar di Benteng Vrederburg Yogyakarta, Sabtu (8/12/2012) malam.

Dari 47 film yang diseleksi oleh dewan juri tinggal 14 film bioskop tersisa yang masuk nominasi FFI tahun ini. Semua film itu memperebutkan 13 kategori.
'Tanah Surga...Katanya' mendominasi ajang penghargaan tersebut dengan membawa pulang enam penghargaan. Film yang diproduseri Deddy Mizwar itu menang di kategori Pemeran Pembantu Pria Terbaik (Fuad Idris), Pengarah Artistik Terbaik (Eza Tampubolon), Penata Musik Terbaik (Thoersi Ageswara), Sutradara Terbaik (Herwin Novianto), Penulis Cerita Asli Terbaik (Daniel Rifki) dan Film Terbaik.
 
Daftar Pemenang FFI 2012 Terlengkap ---Acha Septriasa berhasil terpilih sebagai pemeran utama wanita terbaik lewat film Test Pack Youre My Baby mengalahkan artis yang lebih senior seperti Atiqah Hasiholan, Jajang C Noer, Geraldine Sianturi dan Anisa Hertami di film Soegija. Sedangkan, Donny Damara meraih piala pemeran utama pria terbaik lewat perannya sebagai waria di film Lovely Man.

Herwin Novianto berhasil membawa pulang piala kategori sutradara terbaik lewat film Tanah Surga..Katanya. Herwin mengalahkan sutradara sepereti Hanung Bramantyo, Teddy Soeriaatmadja, Erwin Arnada lewat film Rumah di Seribu Ombak. Film Tanah Surga...Katanya, juga menggondol piala citra sebagai film terbaik.

Berikut ini daftar pemenang FFI 2012:

Sutradara
Herwin Novianto - Tanah Surga... Katanya

Penulis Cerita Asli
Danial Rifki - Tanah Surga... Katanya

Penulis Skenario
Jujur Prananto - Rumah Di Seribu Ombak

Pengarah Sinematografi
Yudi Datau - Dilema

Pengarah Artistik
Ezra Tampubolon - Tanah Surga... Katanya

Penyunting Gambar
Cesa David Luckmansyah - Rumah di Seribu Ombak

Penata Suara
Satrio Budiono - Rumah di Seribu Ombak

Penata Musik
Thoersi Argeswara - Tanah Surga... Katanya

Pemeran Utama Pria
Donny Damara - Lovely Man

Pemeran Utama Wanita
Acha Septriasa - Test Pack You`re My Baby

Pemeran Pendukung Pria
Fuad Idris - Tanah Surga... Katanya

Pemeran Pendukung Wanita
Mak Gondut - Demi Ucok

Film Terbaik
Tanah Surga... Katanya

Film Pendek
Wan An (FFTV IKJ)

Film Dokumenter Terbaik
Di Batas Kekuasaan

Film Dokumenter Terbaik
Di Batas Kekuasaan (Nur Fitriah Napiz)

Daftar Pemenang FFI 2012 Banyak yang di Luar Dugaan

Daftar Pemenang FFI 2012 Terlengkap ---Film televisi (FTV) "Pahala Terindah" menyapu bersih Piala Vidia di sejumlah kategori bergengsi pada Malam Penganugerahan Piala Vidia Festival Film Indonesia 2012 yang berlangsung di Balai Sarbini, Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (29/11/2012) malam. 

Pahala Terindah menyisihkan nomine-nomine lainnya yang juga diunggulkan di 12 kategori yang diperebutkan. Di kategori FTV Terbaik, FTV produksi PT Demi Gisella Citra Sinema dan PT Surya Citra Televisi menyisihkan unggulan lainnya, yakni  Bintang Film, Cinta Pengamen Badut, Citra, dan Namaku Pariyem. Dua bintang utama Pahala Terindah,  Slamet Rahardjo Djarot dan Ratna Riantiarno dinobatkan sebagai Pemeran Utama Pria dan Wanita Terbaik. Tak hanya itu, film televisi ini juga menyabet penghargaan untuk kategori  Sutradara, Sinematografi, Artistik, Penata Suara, hingga Pemeran Pembantu Wanita.

Daftar Pemenang FFI 2012 Terlengkap ---Ketua Dewan Juri Piala Vidia, Arswendo Atmowiloto, mengungkapkan rata-rata FTV Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa, terutama dalam pencapaian sinematografinya. "Walau baru satu atau dua perusahaan yang menghasilkan FTV seperti itu, tetap hasilnya sangat bagus," ujarnya. Sementara itu, pencapaian kemajuan teknis dalam pembuatan film televisi, menurut Arswendo, sebenarnya dapat dilihat sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, di tahun ini kemajuan tersebut kian terasa, meskipun secara teknologi penggunaan efek-efek belum terlihat. Sebanyak 77 judul FTV ikut ambil bagian dalam ajang ini dan mendapatkan penilaian dewan juri selama tanggal 5-21 November 2012.

Daftar Pemenang FFI 2012 Terlengkap ---Dewan juri mulai melakukan seleksi tahap awal pada tanggal 5 hingga 7 November 2012. Dalam tahap pertama, 24 judul FTV berhasil lolos ke babak berikutnya yang diadakan antara 12 hingga 14 November 2012. Di tahap kedua ini, 12 FTV unggulan pun dipilih dan ditetapkan pula nominasi 12 kategori. Tahap selanjutnya menghasilkan lima judul FTV yang menjadi nominasi calon peraih Piala Vidia. Pada tanggal 27 November 2012 lah terakhir kalinya dewan juri melakukan sidang dan menentukan nama-nama pemenang dari seluruh kategori yang ada. (Vandani Kencana Putri/Eko Hendrawan)

Daftar Jawara Piala Vidia FFI 2012
- FTV Terbaik:
Pahala Terindah

- Sutradara Terbaik: Herwin Novianto : Pahala Terindah

- Penulisan Cerita Asli Terbaik:
Imam Tantowi : Bintang Film

- Skenario Terbaik:
Imam Tantowi : Bintang Film

- Sinematografi Terbaik:
Yudi Datau : Pahala Terindah

- Artistik Terbaik:
Budi Rasta dan Hengky Tatto : Palaha Terindah

- Penata Musik Terbaik:
Thoersi Argeswara : Citra

- Editor Terbaik:
Jalal El'Aidid : Ambulance

- Penata Suara Terbaik:
Anda Putra Djauzi & Harry Syamsuar : Pahala Terindah

- Pemeran Utama Pria Terbaik:
Slamet Raharjo Djarot : Pahala Terindah

- Pemeran Utama Wanita Terbaik:
Ratna Riantiarno : Pahala Terindah

- Pemeran Pembantu Pria Terbaik:
Epy Kusnandar : Maaf Lebaran Ini

- Pemeran Pembantu Wanita Terbaik:
Tika Bravina : Pahala Terindah
 
© Copyright 2012 BEJAGAT BERBAGI INFORMASI | Partnership Inspirasi Dunia Otomotif | Informasi Motor Terbaru | Informasi Travel Dan Wisata Powered by Blogger.com.