Menikmati Keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

Artikel diterbitkan oleh Bejagat pada
Menikmati Keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok ---Gunung Rinjani adalah gunung yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yaitu 3.726 m di atas permukaan laut. Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan memberikan beberapa info yang mungkin berguna tentang Menikmati Keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok.
Gunung Rinjani Lombok
Pada saat ini gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang luasnya sekitar 41.330 ha, dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. Karena keindahan pemandangan Gunung Rinjani, menjadikannya salah satu tempat favorit para pendaki Indonesia. Dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, Gunung Rinjani mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara. Gunung Rinjani memiliki panaroma paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya sekitar bulan Juni-Agustus banyak dikunjungi mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, dan juga pecinta alam lainnya.

Di bagian sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak yaitu seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat jenis ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing. Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut.

Terletak di sisi timur kaldera terdapat Gunung Baru atau Gunung Barujari yang memiliki kawah berukuran 170m×200 m dengan ketinggian 2.296 - 2376 m di atas permukaan laut. Gunung kecil ini terakhir aktif/meletus sejak tanggal 2 Mei 2009 dan sepanjang Mei, setelah sebelumnya meletus pula tahun 2004. Sebelumnya, Gunung Barujari pernah tercatat meletus pada tahun 1944 dan sekaligus pembentukannya, 1966, dan 1994. Selain Gunung Barujari terdapat pula kawah lain yang pernah meletus,disebut Gunung Rombongan.

Jika kamu melakukan pendakian di Gunung Rinjani, jangan sampai lupa untuk menikmati momen yang indah di pagi hari saat matahari terbit di puncak Gunung Rinjani.

Demikianlah artikel tentang Menikmati Keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok versi dunia unik, jangan lupa baca juga artikel dunia unik sebelumnya tentang Jadwal Pertandingan Piala AFF 2012 RCTI Terlengkap. Semoga bermanfaat!
 
© Copyright 2012 BEJAGAT BERBAGI INFORMASI | Partnership Inspirasi Dunia Otomotif | Informasi Motor Terbaru | Informasi Travel Dan Wisata Powered by Blogger.com.